Arinda dan Evelyn Juara 3 lomba di ITS

Ananda arinda septiana putri dan evelyn ivana audrey meraih juara 3 tingkat nasional pada lomba station dari its di Surabaya.

Berikut ini cerita mereka menjelang lombaSebelum mendaftar ke lomba station, kami sempat bim Hbbang karena ada lomba lain yg akan kami ikuti pada hari yg sama. Namun, akhirnya kami mengatur sedemikian rupa sehingga kami bisa mengikuti Station. Singkat cerita, kami menyiapkan tahap penyisihan dengan belajar kelompok, belajar soal tahun lalu, dan review pelajaran matematika kelas xi.

Beberapa hari kemudian, kami mendapat kabar bahwa kami lolos ke Surabaya. Kami memutuskan untuk belajar bersama dengan bermodalkan pinjam buku di aplikasi e-library. Kali ini kami benar – benar belajar serius untuk menyiapkan babak selanjutnya.
Sampai akhirnya kami sampai di Surabaya dan mengerjakan babak perempat final. Awalnya kami sangat putus asa, namun kami tidak lupa untuk selalu berdoa sebelum memulai babak tiap babak, tak lupa juga kami selalu menghubungi keluarga untuk meminta restu, bahkan setelah mengerjakan babak demi babak pun kami selalu mengucap syukur kepada Tuhan karena Dia telah memberikan hikmat dan mujizat yang sungguh luar biasa bagi kami. Karena kami awalnya sungguh tidak menyangka dan merasa putus asa terlebih dulu, namun anugerah Tuhan telah membuat kami tersaring dari lebih 1000 tim di Indonesia menjadi 6 grand finalis, dan akhirnya kami mendapat juara 3.
Dari lomba ini kami belajar untuk selalu memulai apapun dengan doa, restu dari orang tua, dan mengakhirinya dengan doa pula.
Tahap yang dilalui :
Penyisihan : diambil dari lebih 1000 tim di indonesia dan disaring menjadi 110 tim untuk melanjutkan di surabaya
Perempat final : mengerjakan soal statistika secara bergantian, sehingga kemampuan tiap anggota sangat diperhitungkan. Dari 110 tim diambil 60 tim
Semifinal : mengolah data dengan microsoft Excel, dari 60 tim disaring menjadi 30 tim.
Final : melalui babak rally dengan mengerjakan soal dari pos ke pos. Dari 30 tim disaring menjadi 6 tim.
Grandfinal : diikuti oleh 6 tim dengan membuat power point, mempresentasikannya, dan menjawab pertanyaan dari 3 dosen statistika di hadapan para peserta.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *