Dinda Ayu Alfiana lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Assalamu’alaikum Wr.Wb, salam sejahtera bagi kita semua. Perkenalkan nama saya Dinda Ayu Alfiana, perwakilan dari SMA Negeri 2 Kediri untuk mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Amerika Serikat dalam program pertukaran pelajar oleh Binaantarbudaya, Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) untuk year program 2017-2018.
Bukan hal mudah untuk memperoleh beasiswa ini. Saya harus melewati beberapa rangkaian seleksi selama satu tahun. Mulai dari seleksi lingkup chapter surabaya, lalu seleksi nasional yang melibatkan seluruh chapter binaantarbudaya di Indonesia, hingga seleksi berkas internasional oleh pihak US sendiri. Seleksi tingkat chapter dibagi menjadi 3 tahapan;
1. Tahapan pertama, merupakan tes pengetahuan umum, tes bahasa inggris, dan essay.
2. Tahapan kedua, tes wawancara kepribadian, dan tes wawancara bahasa inggis.
3. Tahapan ketiga, tes dinamika kelompok.
Lalu berkas diajukan kepada pihak nasional untuk diseleksi kembali. Kemudian bagi peserta yang lolos seleksi berkas, diundang untuk seleksi nasional di Jakarta. Hingga penentuan finalis dan cadangan oleh pihak nasional dan internasional.
Banyak alumni SMADA yang mengikuti program pertukaran pelajar Binaantarbudaya. Hampir setiap tahun siswa siswi SMADA selalu berpartisipasi dalam seleksi. Sehingga lebih mudah untuk mendapat informasi tentang program ini. VIVAT SMADA!
Di balik semua usaha yang dilakukan pasti akan terbayarkan dengan pengalaman yang akan didapatkan, dengan menjadi perwakilan bangsa Indonesia untuk mengenalkan dan mengharumkan negeri dengan seluk beluk keindahannya dalam lingkup dunia, dan memanfaatkan usia muda dengan hidup satu tahun di luar negeri!!! seperti Amerika Serikat, Brazil, Jerman, Belanda, Belgia,Prancis, Italia, Thailand, dan masih banyak lagi!
Bukan hanya menjadi pribadi yang lebih mandiri, tetapi juga menambah keberanian diri untuk berekspresi . Banyak pengetahuan yang akan didapat untuk digunakan sebagai modal di masa depan. Tunggu apalagi adik-adik? Ayo jadi bagian dari SMADA dan ikut mengharumkan Indonesia dan almamater hingga setinggi angkasa!!! Anda SMADA, kita SAUDARA! VIVAT SMADA!!!

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *