GLS 

GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMA NEGERI 2 KEDIRI

GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMA NEGERI 2 KEDIRI

Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

G L S merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

            SMA Negeri 2 Kediri sebagai Sekolah Rujukan, salah satu kegiatan unggulannya adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan ini sudah  dilaksanakan mulai bulan Juli 2016.

Adapun tujuan dilaksanakannya Gerakan Literasi Sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum
    Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  2. Tujuan Khusus:
    1. Menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah.
    2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
    3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
    4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

PROGRAM GLS SMAN 2 KEDIRI

 

NO

 

PROGRAM

 

BULAN

 

KEGIATAN

 

KETERANGAN

1 PEMBIASAAN

(belum ada tagihan)

 

Juli

Agustus September Oktober

 

a.  Siswa membaca 15 menit ( sustained

     silent reading )di awal pelajaran 1 di

bombing guru di kelas

b. Siswa mengisi data laporan di kertas

dan di kumpulkan di meja guru

c.  Buku bacaan siswa pribadi , buku

disimpan di loker kelas

d.  Membangun lingkungan fisik sekolah

yang kaya  literasi,  antara lain:

(1)    menyediakan perpustakaan

sekolah, sudut baca, dan area baca yang nyaman

(2)    pengembangan sarana lain (UKS, kantin, kebun sekolah); dan

(3)    penyediaan koleksi teks cetak, visual, dan/atau digital yang mudah diakses oleh seluruh warga sekolah;

(4)    pembuatan bahan kaya teks (print-rich materialsGuru keliling kelas sambil ngecek  buku bacaan siswa dan memberi paraf dikertas laporan

e. Sosialisasi program GLS kepada warga sekolah

 

§  Kalau ada upacara/apel, GLS di tiadakan

§  khusus hari jum`at , yg dibaca buku agama

§  bisa ganti buku sesuai  minat

§  GLS bekerja sama dengan  siswa , guru , masyarakat   dan pemerintah daerah

§  Guru keliling kelas sambil mengecek buku bacaan siswa  dan memberi paraf di  kertas laporan

2 PENGEMBANGAN

(ada tagihan sederhana untuk penilaian non akademik )

Pengembangan kemampuan literasi melalui kegiatan di perpustakaan sekolah/perpustakaan kota/ daerah atau taman bacaan masyarakat atau sudut baca kelas dengan berbagai kegiatan

 

November

Desember

Januari

Februari

a.       Membacakan buku dengan nyaring, membaca dalam hati , membaca bersama (shared reading),  membaca terpandu (guided reading), menonton film pendek, dan/atau membaca teks visual/digital (materi dari internet);

b.      Menceritakan kembali 1 buku untuk per semester ,  di buat porto folio lalu (di presentasikan), perwakilan

c.       Membuat resensi 1 buku untuk  per semester , di buat porto folio lalu (di presentasikan), perwakilan

d.      Siswa bermain peran/drama sesuai tema buku yang dI baca

e.      Mengkonversikan bacaan kedalam bentuk puisi /narasi/surat kepada tokoh yang di kagumi,  teks deskriptif, teks analitis, atau teks argumentatif, sesuai kemampuannya

 

2.  Mengembangkan lingkungan fisik, sosial, afektif  sekolah yang kaya literasi dan menciptakan ekosistem sekolah yang menghargai keterbukaan dan kegemaran terhadap pengetahuan dengan berbagai kegiatan, antara lain:

a.       memberikan penghargaan kepada pencapaian perilaku positif, kepedulian sosial, dan semangat belajar peserta didik; penghargaan ini dapat dilakukan pada setiap upacara bendera Hari Senin dan/atau peringatan lain;

b.      membentuk TLS yang terdiri atas guru bahasa, guru mapel lainnya dan tenaga kependidikan;

c.       kegiatan-kegiatan akademik lain yang mendukung terciptanya budaya literasi di sekolah (belajar di kebun sekolah, belajar di lingkungan luar sekolah, wisata perpustakaan kota/daerah dan taman bacaan masyarakat, dll.).

§  siswa bisa memilih salah satu dari kegiatan tersebut

§  siswa mengumpulkan  tugas/laporan ke team GLS

 

 

3 PEMBELAJARAN

( ada tagihan akademik )

Maret, April

Mei, Juni

1.   Lima belas menit membaca setiap hari sebelum jam  pelajaran melalui kegiatan membacakan buku dengan nyaring, membaca dalam hati, membaca bersama, dan/atau membaca terpandu diikuti kegiatan lain dengan tagihan nonakademik atau akademik.

2.   Kegiatan literasi dalam pembelajaran dengan tagihan akademik.

a.       Menceritakan kembali 1 buku untuk per semester, di buat porto folio lalu (di presentasikan), perwakilan, di nilai oleh guru yang terkait dengan materinya

b.      Membuat resensi 1 buku untuk  per semester, di buat porto folio lalu(di presentasikan), perwakilan, di nilai oleh guru yang terkait dengan materinya

c.       Siswa bermain peran/drama sesuai tema buku yang dI baca , di nilai oleh guru yang terkait dengan materinya

d.      Mengkonversikan bacaan kedalam bentuk puisi /narasi/surat kepada tokoh yang di kagumi,  teks deskriptif, teks analitis, atau teks argumentatif, sesuai kemampuannya , di nilai oleh guru yang terkait dengan materinya

3.        Melaksanakan berbagai strategi untuk memahami teks dalam semua mata pelajaran (misalnya, dengan menggunakan graphic organizers)

4.         Menggunakan lingkungan fisik, sosial  afektif, dan akademik disertai beragam bacaan (cetak, visual, auditori,digital) yang kaya literasi di luar buku teks pelajaran untuk memperkaya pengetahuan dalam mata pelajaran.

5.        Siswa membantu mendonasikan buku dalam program 1 buku 1 siswa

6.        Mengadakan program Bedah Buku dengan mendatangkan 1 tokoh penulis novel

 

 KEGIATAN GLS SMA NEGERI 2 KEDIRI

 

 

NO

 

 

NAMA KEGIATAN

 

WAKTU

PELAKSANAAN

 

KETERANGAN

1 Sosialisasi GLS 22 0ktober 2016 Sudah terlaksana
2 Lomba menulis cerpen 22 0ktober 2016 Sudah terlaksana
3 Lomba pojok buku 22 0ktober 2016 Sudah terlaksana
4 Membuat puisi tentang tokoh buku 20 September 2016 Sudah terlaksana
5 Membuat synopsis suatu cerita 25 September 2016 Sudah terlaksana
6 Membuat resume buku 10 Oktober 2016 Sudah terlaksana
7 Bedah buku 29 Oktober 2016 Sudah terlaksana
8 Jurnal harian GLS Senin-Sabtu Sudah terlaksana
9 Bazaar buku 5 Oktober 2016 Sudah terlaksana
10 Donasi 1 buku per siswa Sept – Desember Sudah terlaksana

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *