Kerajinan dari Kardus Bekas

Kardus-kardus bekas ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa piranti yang bermanfaat. Kardus yang memiliki ketebalan akan lebih baik bila digunakan sebagai bahan daripada kardus yang tipis.

11. Rumah Kucing

Rumah kucingYang ini sangat cocok bagi para penggemar kucing. Untuk membuatnya, kain kardus dipotong-potong bulat, kemudian disusun membentuk ruang rumah seperti bola. Satukan potongan kardus dengan menggunakan lem. Buat lubang dibagian tengah sebagai tempat masuk kucing.

Lucu sekali, bagi anda yang memiliki hewan peliharaan maka ini sangat rekomendasi banget untuk anda. Dengan bahan – bahan dasar yang sangat mudah untuk di dapatkan maka anda akan memberikan kenyamanan bagi hewan peliharaan anda. Dijamin kerajinan ini sangat membuat teman – teman anda kagum. Silahkan di coba, dan juga bisa anda jadikan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis.

12. Rak Buku

Rak bukuPotong atau lubangi bagian kardus pada kedua sisinya. Selanjutnya susun kardus hingga menyerupai rak. Gunakan lapisan kardus persegi dengan ukuran yang lebih kecil untuk bagian dalamnya.

Buat tumpukan keatas maksimal tiga susun agar kardus tidak ringsek kebawah ketika terbebani oleh buku. Untuk rak bagian atas, khususkan untuk menyimpan buku-buku kecil yang tidak terlalu berat. Sedangkan pada bagian bawah, gunakan untuk menyimpan buku yang besar dan berat.

Sangat cocok bagi anda yang masih sekolah atau kuliah agar tampilan buku anda rapi dan mudah di cari. Cara ini sangat mudah dan sangat rekomendasi selain unik juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

13. Tempat Lampu 

Tempat LampuUntuk membuatnya, pertama-tama buat potongan kardus membentuk segi empat. Setelah itu lipat hingga kardus membentuk segi lima. Potong kardus yang telah berbentuk segilima menjadi beberapa bagian. Susun potongan kardus secara menyilang lalu rekatkan masing-masing potongan dengan menggunakan lem. Setelah itu tinggal memasang lampunya saja.

Cocok untuk anda yang belum memiliki hiasan lampu yang sangat unik dan kekinian. Dengan bahan dasar yang mudah di dapat dan juga murah maka anda bisa menghasilkan kreatif yang sangat langka ini. Silahkan di coba agar lampu rumah anda memiliki kesan yang unik dan cantik

14. Celengan Kardus

Celengan KardusPotong kardus memanjang seperti tanda plus. Kemudian lubangi pada bagian sisinya dengan menggunakan paku. Bentuk kardus menjadi kubus lalu gabungkan masing-masing bagian dengan menggunakan benang pada lubang paku yang telah dibuat. Selanjutnya tinggal buat lubang sebagai tempat untuk memasukkan uang.

Bagi anda yang sedang memiliki target untuk liburan atau untuk lainnya yang juga membutuhkan dana yang banyak tetapi anda bingung untuk menyimpannya karena anda tidak memiliki celengan maka anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat celengan dengan cara yang mudah dan sangat simple.

Anda bisa menggunakan bahan yang bekas dan tentunya mudah di dapatkan. Dengan memanfaatkan barang yang bekas maka anda akan menghasilkan suatu kreasi yang unik dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Kerajinan dari Sedotan Bekas

Sedotan merupakan salah satu jenis sampah yang mudah untuk ditemui. Sebelum membuat kerajinan dari jenis bahan ini, pastikan sedotan bekas yang digunakan telah dicuci dan dibersihkan.

15. Hiasan Bunga

Hiasan BungaButuh ketelatenan untuk membuat hiasan bunga dari sedotan. Untuk membuatnya, sobek sedikit bagian ujung sedotan. Kemudian pilin dan putarkan sedotan pada bagian yang disobek tadi hingga membentuk sebuah kuncup bunga. Gabungkan dengan sedotan lain hingga bentuknya seperti bucket bunga.

Hiasan yang sangat unik dan sangat cocok untuk menambah keunikan rumah anda. Dengan cara yang sederhana anda sudah bisa mendapatkan hasil kreasi yang sangat indah. Bisa anda letakkan di meja tamu atau bahkan anda letakkan di kamar anda.

Dengan cara yang sangat mudah dan simple anda sudah mendapatkan hasil kreasi yang membuat orang ingin memiliki dan mencoba untuk membuatnya.

16. Taplak Meja

Taplak MejaUntuk membuatnya, pertama-tama potong sedotan menjadi pendek-pendek, sekitar 3-4 cm. Selanjutnya gabungkan potongan-potongan sedotan dengan menggunakan benang. Untuk membuat motif dan pola, bisa digunakan beberapa jenis sedotan dengan model atau warna yang berbeda. Semua sesuai dengan hasil imajinasi masing-masing.

Setelah anda memiliki hiasan bunga anda bisa menambahkan beberapa desain cantik seperti taplak meja ini. Anda bisa membuat taplak meja ini untuk menambah kecantikan meja anda.

Pembuatan yang sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Anda juga bisa langsung membuat beberapa taplak meja agar meja – meja yang anda di rumah anda seragam dan akan terlihat perfect.

Sponsors Link

 

Kerajinan dari Cangkang Telur

Setiap rumah tangga pasti mengkonsumsi telur. Ternyata, bekas cangkang telur bisa dimanfaatkan sebagai salah satu contoh kerajinan tangan. Yang perlu diperhatikan ketika membuat kerajinan tangan dari bahan jenis ini adalah sifat cangkang telur yang mudah rusak dan retak sehingga harus ekstra hati-hati. Beberapa jenis kerajinan tangan dari bahan cangkang telur antara lain :

17. Hiasan Meja Tamu

Hiasan Meja TamuUntuk membuatnya dibutuhkan cangkang kulit telur yang masih berbentuk. Oleh sebab itu ketika mengeluarkan isinya usahakan hanya dengan membuat coakan kecil pada ujung telur saja.

Keringkan bekas kulit telur agar tidak bau dari bekas isi telur. Gunakan cat air atau brush air untuk membuat lukisan pada dinding-dinding cangkang. Bila sudah terlukis maka cangkang telur bisa dipajang di meja tamu sebagai pemanis meja.

Lucu dan sangat unik sekali ya, tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan hasil hiasan yang di jamin langka.

Baca juga : sejarah dan teknik dasar air brushunsur seni lukis

18. Hiasan Dinding

Hiasan DindingHiasan dinding dari kulit telur bisa dibuat untuk menghias ruang tamu atau kamar tidur. Pertama-tama buat pola lukisan. Pecahkan cangkang telur kemudian tempel pada pola di dinding sesuai dengan lukisan pola yang telah dibuat. Hasilnya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas.

Bagi anda yang suka dengan hiasan hiasan dinding bunga seperti ini maka ini sangat rekomendasi banget untuk anda. Dengan menggunakan bahan bahan bekas anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

Akan membuat orang terkagum dan penasaran. Selamat mencoba dan bisa anda ukir juga di dalam kamar anda agar anda merasa nyaman di dalam kamar anda. Kecantikan dan keunikan hiasan yang akan membuat anda betah di dalam kamar anda.

19. Pot Bunga 

Pot BungaCangkang yang sudah terpecah, tinggal diisi dengan menggunakan tanah. Gunakan tanaman mini juga sesuai dengan besar dan ukuran cangkang yang digunakan agar bentuknya proporsional.

Hati-hati ketika mengisi cangkang dengan tanah karena cangkang rawan sekali untuk pecah. Selanjutnya cangkang bisa diwarna bisa juga tidak sesuai dengan selera.

Cocok untuk anda yang memiliki rumah minimalis dan pot ini sangat membantu anda untuk membuat tampilan rumah anda cantik dengan barang – barang yang sudah bekas tetapi akan memberikan daya jual yang tinggi. Sangat di rekomendasikan untuk anda yang suka bercocok tanam.

Baca juga : jenis seni lukis

20. Tempat Lilin

Tempat LilinCangkang telur bekas bisa juga dibuat sebagai wadah tempat lilin. Lebih pas bila jenis lilinnya adalah lilin aromatherapy. Untuk membuatnya, cangkang bekas tinggal diwarnai saja, selanjutnya lilin bisa dimasukkan kedalamnya.

Selain untuk pot tanaman juga bisa anda gunakan untuk tempat lilin jika mati lampu atau juga bisa anda gunakan hiasan lilin lilin kecil di dalam rumah anda.

Dengan barang bekas yang sering orang buang maka anda bisa memanfaatkannya dengan mendapatkan hasil kreatif yang memiliki nilai jual tinggi. (baca juga : Macam-macam kerajinan tangan dari riau)

Kreatifitas memang bisa tidak memiliki batas. Barang bekas bisa dijadikan barang elegan yang sangat bermanfaat. Beberapa contoh kerajinan tangan diatas semoga bisa memberikan ilustrasi untuk menciptakan karya seni kerajinan tangan sesuai dengan imajinasi masing-masing. Yang terpenting adalah semangat untuk mencoba membuat terlebih dahulu. Semakin sering belajar mencoba, maka hasil kerajinan yang dihasilkan akan bisa semakin bagus.

 

Materi diambil dari : Ilmuseni.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *