GLS 

Literasi Digital

Definisi Literasi Digital

Menurut paul Gilster(2007) dikutip seung-hyun le (2014) literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui computer. Sedangkan menurut deakin university graduate learning outome, literasi digital adalah pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital.

Jadi intinya   LITERASI DIGITAL adalah menggunkan informasi untuk pemanfaatan teknologi, serta kemampuan untuk menyebarkan informasi yang tepat dan akurat untuk kebaikan masyarakat.

Manfaat literasi digital

  1. Menghemat waktu

Dengan adanya literasi digital, untuk mendapatkan informasi sangatlah mudah dan dapat diperoleh dimana pun dan kapunpun karena kemajuan teknologi internet.

  1. Belajar lebih cepat

Literasi digital membuat kita lebih mudah dalam hal belajar karena dengan adanya literasi digital ini untuk mendapatkan referensi dari suatu hal dapat kita peroleh dari online.

  1. Menghemat uang

Siapa yang menyangka bahwa dengan literasi digital dapat menghemat pengeluaran anda, misalkan untuk berbelanja anda dapat melakukannya melalui aplikasi perbankan online.

  1. Membuat lebih aman

Literasi digital membuat anda memperoleh informasi tentang suatu hal yang lebih aman.

  1. Selalu memperoleh informasi terkini

Dengan adanya teknologi internet maka anda akan selalu mendapatkan informasi update tentang seluruh hal didunia baik melalui social media atau yang lainnya.

  1. Selalu terhubung

Mampu menggunkan beberapa apilkasi yang dikhususkan untuk proses komunikasi maka akan membuat orang selalu terhubung dengan dunia.

  1. Membuat keputusan lebih baik

Literasi digital mambuat individu dapat membuat keputusan yang lebih  baik karena ia memungkinkan mampu untuk mempelajari, menganalisis dan membandingkannya kapan saja.

  1. Dapat membuat anda bekerja

Kebanyakan pekerjaan saat ini membutuhkan beberapa bentuk keterampilan computer, seperti penggunaan bahasa pemograman dll.

  1. Membuat lebih bahagia

Dalam internet berisi konten- konten menarik yang dapat membuat penggunanya bahagia.

  1. Mempengaruhi dunia

Dengan penyebaran tulisan melalui media yang tepat akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan perubahan kehidupan social.

ELEMEN PENTING LITERASI DIGITAL

  1. SOCIAL NETWORKING
  2. TRANSLITERACY
  3. MAINTAINING PRIVACY
  4. MANAGING DIGITAL IDENTIFY
  5. CREATING CONTENT
  6. ORGANISING AND SHARING CONTENT
  7. REUSING/REPURPOSING CONTENT
  8. FILTERING AND SELECTING CONTENT
  9. SELF BROADCASTING

Demikian informasi dari saya meskipun sedikit semoga bermanfaat.

http://myeninurdiana.blogspot.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *