OSIS

osis1

OSIS SMA Negeri 2 Kediri adalah organisasi yang bertugas menampung seluruh aspirasi siswa-siswi SMAN 2 Kediri dan melaksanakan setiap kegiatan telah tercantum di dalam Program Kerja OSIS. OSIS SMADA berbeda dengan organisasi intra pada umumnya, karena OSIS SMADA memiliki sistem kabinet.

Sistem kabinet telah diterapkan oleh Republik Indonesia setelah masa orde lama. Bisa analogikan bahwa OSIS SMADA adalah suatu Negara Kesatuan yang memiliki dasar dan tujuan untuk meraih kesuksesan bersama di hari kemudian. OSIS SMADA memiliki 33 unit otonom, yang setiap dari unit tersebut memiliki satu pemimpin yang disebut ketua unit, dan setiap unit bekerja pada bidangnya masing-masing.

Visi

Menjadikan siswa-siswi SMAN 2 Kediri yang aktif,kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan budaya bangsa yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.
  2. Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi SMAN 2 Kediri.
  3. Mengoptimalkan fungsi dan peranan unit-unit osis sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Untuk mewujudkan misi yang ketiga akan diadakan rapat koordinasi setiap satu bulan sekali, untuk mengawasi, memantau, mengevaluasi dan memberikan solusi apabila masih dijumpai masalah yang dihadapi unit-unit OSIS SMAN 2 Kediri.

33 Unit OSIS SMA Negeri 2Kediri

I. Koorbid. Keagamaan

1. Unit TMA (Ta-mir Masjid Al-Anwar)

Unit TMA adalah unit osis yang menangani seluruh kegiatan kerohanian Islam dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Akademi Kepemimpinan Islam Smada (AKIDA)
  2. Kajian Islam Smada (KISMA)
  3. Studi Agama Islam Bersama Sahabat
  4. Pesantren Pembentuk Akhlak (PETUAH)
  5. Kajian Remaja Islam Smada (KARISSMA)
  6. Studi Dasar Islam Ekstern (SDI Ekstern)
  7. Kajian Keputraan/Keputrian
  8. Peringatan Hari Besar Agama Islam
  9. Zakat Fitrah
  10. Pondhok Ramadhan
  11. Keekstraan Agama Islam : Tafsir, Majelis Ta’lim, Kaligrafi, Seni baca Al-Qur’an(SBQ), Baca Tulis Al-Qur’an(BTA), Nasyid.
  12. Rihlah
  13. Perlawatan
  14. Pengadaan Buku Islami
  15. Dakwah Face to Face
  16. SMADA Islamic Day (SID)

2. Unit UKKris (Kerohanian Kristen Protestan)

UKKris memiliki dua lingkup kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan non rutin. Macam kegiatan tersebut antara lain :

  1. Kegiatan Rutin
    • Doa Pagi
    • Kelompok Kecil (KK)
  2. Kegiatan Non Rutin
    • Kegiatan Kerohanian Kristen pada saat PLS
    • Temu Akrab Siswa Baru (TASIBA)
    • Lokakarya dan Konsultasi (LOKASI)

3. UKKKat (Unit Kerohanian Kristen Katholik)

UKKKat adalah Unit Kerohanian yang dibawahi oleh Koorbid 1. UKKKat didirikan dengan tujuan mengumpulkan siswa-siswi Katholik SMA Negeri 2 Kediri yang beragama Katholik untuk terlibat aktif di dalam kegiatan-kegiatan OSIS dan sebagai sarana bertemunya siswa-siswi Katholik dalam mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Kegiatan Rutinnya antara lain: Rekoleksi bersama, Camping Rohani bersama, Perayaan Sumpah Pemuda.

II. Koorbid. Sosial

4. Unit Bakti Sosial

Unit Bakti Sosial SMADA merupakan unit di OSIS SMA Negeri 2 Kediri yamg bergerak dalam bidang sosial. Unit ini bertugas mengkoordinasi serta mengadakan kegiatan-kegiatan bakti sosial khususnya di SMA Negeri 2 Kediri.
Kegiatan unit ini adalah :

  1. Penggalangan dana bagi korban Bencana Alam
  2. Penggalangan dana Spontanitas
  3. Program Peduli Teman

5. Unit PMR (Palang Merah Remaja) dan UKS

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan cabang dari organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang diikuti oleh para pelajar tingkat SMP-SMA. Untuk menunjang dan mewujudkan itu semua, maka PMR Smada Kediri mempunyai kegiatan rutin maupun kegiatan tahunan yang dikemas dan dirancang sehingga fun, seru, tetapi tetap sarat dengan materi, diantaranya :

  1. Latihan harian setiap seminggu sekali.
  2. Pelatihan Lapangan
  3. Kegiatan Peduli Sesama
  4. Latihan Gabungan
  5. Berbagai macam perkemahan PMR

III. Koorbid. Nasionalisme

6. Unit Paskibra

Paskibra SMAN 2 Kediri merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan pada tahun 1999. Dengan semboyan “Jer Basuki Mawa Beya Tangguh, Trengginas adalah keinginanku, Menjadi sadar terhadap pilihan ialah impianku” menunjukan tujuan dari organisasi ini adalah membentuk pribadi yang tangguh dan teguh serta menjadi pribadi yang memiliki pandangan yang lugas. Selama perjalanannya sejak tahun 1999 Paskibra SMAN 2 Kediri telah meraih segenap prestasi baik yang diraih oleh individu anggotanya maupun atas nama Organisasi.

7. Unit PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional)

Adapun kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh unit PHBN diantaranya yaitu :

  1. Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Kartini :
    Lomba MisMas SMADA, lomba memasak, kreasi kain tradisional, broadcasting, lomba design poster, dan lain-lain.
  2. Lomba-lomba khas Hari Kemerdekaan Indonesia :
    Lomba tarik tambang, balap karung, pidato, puisi, dan lain-lain.

IV. Koorbid. Pengembangan Diri

8. Unit SC (Science Club)

Unit SC adalah suatu unit OSIS SMAN 2 Kediri yang menangani seputar lomba bidang sains yang ada di SMA Negeri 2 Kediri. Unit SC juga rutin menyelenggarakan acara tahunan seperti SMADA Science Competition dan MACINTOS.

9. Unit SECC (Smada English Competition Club)

Unit SECC adalah salah satu unit OSIS SMAN 2 Kediri, khususnya dalam bidang bahasa Inggris. Dari singkatannya, dapat diketahui bahwa SECC (Smada English Competition Club) merupakan suatu unit sebagai klub bagi siswa yang berminat dalam berpartisipasi dalam kompetisi di bidang bahasa Inggris. Kompetisi ini misalnya speech, story telling, debate, newsreading, dan lain-lain.

10. Unit KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Unit KIR SMA Negeri 2 Kediri sebagai wadah bagi siswa-siswi yang ingin mengembangkan ide-ide dan merangsang penemuan-penemuan baru dengan metode penelitian, eksperimen, serta analisis masalah.

11. Unit DPS (Dewan Pers Siswa)

DPS & Broadcast adalah unit OSIS yang berkecimpung di dunia jurnalistik. Adapun program tahunan dari unit ini adalah :

  1. Majalah sekolah (Majalah Sekolah (DIOSSA)DIOSSA(Dian OSIS Smada)
  2. Bulletin bulanan CROSS
  3. Majalah dinding
  4. Radio Sekolah

12. Unit PASSIS (Pelepasan Siswa)

PASSIS merupakan unit yang bertanggung jawab untuk mengadakan acara perpisahan bagi siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 2 Kediri yang akan lulus dan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang berlangsung selama kegiatan pelepasan. Selain itu, unit PASSIS juga bertanggung jawab terhadap pembuatan buku memori.

13. Unit SPOD (SMADA’s Photography and Documentary)

Merupakan suatu organisasi di SMADA yang berkecimpung dalam hal fotografi dan dokumentasi di SMADA yang berdasarkan atas persamaan hobby. Pada tingkat lanjut SPOD banyak memegang peranan yang penting dalam setiap kegiatan di SMADA. Mulai dari dokumentasi setiap kegiatan yang ada hingga membantu pembuatan buku memori.

14. Unit KOPSIS (Koperasi Siswa)

Unit KOPSIS adalah unit yang bertujuan agar siswa-siswi SMADA sadar akan koperasi, gemar menabung dan dapat menigkatkan potensi siswa dalam bidang ekonomi. Dengan kegiatan menyediakan semua keperluan siswa, yang kemudian mereka pula yang mengonsumsinya.

15. Unit SKAL (Studi Kenal Alam dan Lingkungan)

Unit SKAL merupakan media peningkatan wawasan edukasi, IPTEK dan kesadaran akan peran serta dalam Pembangunan Negara Indonesia serta wujud cinta tanah air pelajar terhadap lingkungan dan Tanah Air Indonesia.

16. Unit MILAD (HUT SMADA)

Unit MILAD merupakan unit yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan acara untuk memperingati hari jadi SMA Negeri 2 Kediri yang dinamakan MILAD. Setiap tahun unit ini menyelenggarakan MILAD denagn berbagai acara yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat luas.

Jenis kegiatan yang diselenggarakan tergantung pada kebijaksanaan panitia. Setiap tahun unit MILAD berusaha menampilkan acara yang lebih baik denagn format yang lebih menarik pula. Contoh kegiatan yang diselenggarakan, antara lain: PENSI, SMADA’s Fair, bakti sosial, lomba di bidang intelektual akademik.

V. Koorbid. Pengkaderan

17. Unit PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Lingkungan adalah tempat kita tinggal dalam bersosialisasi antar satu sama lain. Lingkungan yang bersih, sehat dan indah merupakan syarat mutlak untuk membina hubungan yang lebih baik. Demikian halnya dengan SMAN 2 Kediri yang ingin menciptakan hal tersebut. Maka dibentuklah Unit Pengenalan Lingkungan Sekolah di bawah naungan OSIS SMA Negeri 2 Kediri.

Unit OSIS ini diharapkan dapat membuat sekolah kita tercinta ini dapat memotivasi siswa untuk hidup bersih dan sehat. Karena lingkungan yang seperti demikian dapat memberikan rasa nyaman dan mendorong semangat belajar, sehingga mengembangkan prestasi siswa SMAN 2 Kediri.

18. Unit LK (Lembaga Kepemimpinan)

LK adalah unit OSIS yang memiliki visi mengembangkan dan meningkatkan kualitas kepemimpinan bagi setiap anggotanya. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk mengetahui potensi diri, peningkatan intelektualitas, spiritualitas dan kehidupan sosial di masyarakat. Diharapkan nantinya lulusan LK akan menjadi calon-calon pemimpin yang cerdas, cakap dan berakhlak baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat secara umum.

Kegiatannya antara lain: Workshop Kepemimpinan (potensi diri dan leadership), Outbond training dan games, ESQ training.

VI. Koorbid. Olah Raga

19. Unit Sepak Bola

Tak dapat dipungkiri saat ini sepakbola masih menjadi olahraga yang paling banyak digemari, terutama oleh kaum pria. Di SMA Negeri 2 Kediri selama ini telah berdiri Unit Sepakbola yang memfasilitasi bakat dan minat kalian dalam sepakbola. Unit ini berada di bawah naungan koorbid VI.

20. Unit Bola Basket

Unit basket memiliki latihan rutin yang diadakan di lapangan basket SMA Negeri 2 Kediri dan dapat di ikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 2 Kediri. Latihan ini diadakan setiap hari Senin , Jum’at untuk putra dan Selasa dan Kamis untuk putri. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain basket dan sebagai persiapan untuk menghadapi kompetisi.

21. Unit Bola Voli

Ialah satu ekskul yang ada di SMADA yaitu ekstra bola voli. Ekstra ini bisa diikuti oleh semua murid SMADA yang ingin bisa bermain voli atau sekedar untuk kebugaran tubuh.

22. Unit Bulu Tangkis

Unit bulutangkis memiliki misi mengharumkan nama baik SMADA di kancah lokal dan nasional. Dengan kegiatan mengadakan latihan rutin untuk menggairahkan kembali warga SMADA dalam bermain bulu tangkis sehingga dapat mengikuti berbagai tournamen.

23. Unit Futsal

Unit ini merupakan unit yang baru lahir di SMA Negeri 2 Kediri. Unit ini masuk struktur OSIS dibawah koorbid VI. Unit Futsal terbentuk berdasar progam OSIS SMA Negeri 2 Kediri tahun 2007/2008. Sebagaimana tim Futsal SMADA telah banyak mengikuti kompetisi futsal di banyak ajang.

24. Unit Tae Kwon Do

Unit osis ini telah terbentuk pada tahun 2005, kegiatan rutin diadakan setiap satu minggu sekali, dan dihadirkan pelatih yang handal, diharapkan taekwondo smada bisa mengikuti setiap kejuaraan, baik internal maupun eksternal.

25. Unit SMADAPALA

Merupakan sebuah unit bagi siswa/siswi SMAN 2 Kediri yang memiliki bakat dan minat di bidang kepecinta alaman. “Alam Guru Terbaik Bagi Manusia”, alam mengajarkan kita bagaimana untuk memberi dan menerima tidak hanya menerima kekayaan alam kita namun kita juga harus memberi kepedulian kita bagi alam kita.

26. Unit Catur

Unit Catur adalah Unit yang mewadahi siswa/siswi SMAN 2 Kediri yang ingin mengembangkan potensi di bidang catur. Unit Catur mempunyai acara tahunan yaitu Smada Chess Competition yang diperuntukkan siswa/siswi SD/SMP sederajat. Prestasi siswa SMAN 2 Kediri yang paling membanggakan dalam bidang catur adalah meraih Gold Medal dalam National Chess Olympiad di Jakarta pada tahun 2010.

VII. Koorbid. Kesenian

27. Unit PASUS (Paduan Suara Smada)

Unit PASUS merupakan Unit Paduan Suara yang dibimbing oleh guru yang sangat profesional dan memiliki berbagai macam prestasi, yaitu Bapak Nugro Susanto.

28. UKKS (Unit Kesenian Karawitan Smada)

Unit Kesenian Karawitan Smada (UKKS) merupakan suatu unit yang menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan kesenian Jawa, khususnya kesenian karawitan di SMA Negeri 2 Kediri.

29. Unit Ekstrim (Unit Ekstra Tari Modern)

Ekstra Tari Modern (Ekstrim) merupakan salah satu unit kegiatan ekstarakulikuler di SMA Negeri 2 Kediri yang bergerak di bidang seni tari, yang bersifat modern dan diminati terutama oleh para siswi SMA Negeri 2 Kediri. Oleh karena itu, unit Ekstra Tari Modern (Ekstrim) perlu mengadakan beberapa kegiatan untuk menyalurkan bakat dan hobi dari para anggota Ekstrim.

30. Unit Ekstrid (Unit Ektra Tari Tradisional)

Ekstrid adalah salah satu unit kegiatan ekstarakurikuler di SMA Negeri 2 Kediri yang bergerak di bidang seni tari, yang bersifat tradional dan diikuti terutama oleh para siswi SMA Negeri 2 Kediri. Sebagai wadah dan sarana penyalur bakat dan minat siswa di bidang tari tradisional dan kreasi baru. Dengan mengadakan latihan rutin setiap hari sabtu pukul 14.00.

31. Unit Ekspa (Ekstra Seni Rupa)

Unit Ekspa adalah unit yang menampung kretivitas siswa-siswi SMADA yang berminat dalam kesinian khususnya di bidang seni rupa dengan kegiatan, sebagai berikut:

  1. Lomba Kaligrafi
  2. Lomba Green Poster
  3. Penanggung jawab dekorasi panggung dalam setiap acara yang diadakan di SMADA
  4. Pameran Karya
  5. Pelatihan setiap minggunya melalui Pengembangan Diri (PD)

32. UMS (Unit Musik Smada)

Unit ini merupakan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang musik. Dengan adanya pelatih dan fasilatas studio musik yang mendukung, potensi siswa SMADA dapat dikembangkan dengan baik.

33. Unit Kates (Komunitas Anak Teater Smada)

Unit Kates merupakan unit yang mengembangkan minat serta bakat siswa SMAN 2 Kediri dalam bidang teater dan sastra. Unit ini mengadakan latihan harian rutin setiap hari Senin. Dan unit ini dilatih langsung oleh Seniman Teater. Tidak hanya materi tentang teater, latihan harian ini juga menambah rasa kekeluargaan lewat meditasi dan game ringan. Dengan mempelajari dunia teater, kita dapat memperoleh ilmu dalam mempelajari karakter masing-masing individu yang kita perankan, dan karakter dari lawan main ketika pentas di atas panggung.