PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) XVIII 2019 di Banyuwangi

PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional) merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk siswa SD-SMA di seluruh Indonesia. PIRN XVIII 2019 kali ini berlangsung di Kabupaten Banyuwangi selama enam hari yang berisi pelatihan mengenai penelitian dan penulisan karya ilmiah. Bagi kami kesempatan ini menjadi jalan pembuka kami untuk dapat berkarya lebih baik kedepannya.

Kegiatan PIRN ini diawali dengan acara pembukaan di Lapangan Tenis Indoor GOR Banyuwangi yang dipimpin oleh Bupati Banyuwangi Bpk. Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. Hari selanjutnya dilakukan pengambilan sampel di beberapa tempat, seperti Desa Gombeng Sari, Bangsring Under Water, Banyuwangi Agro Expo, Desa Adat Suku Osing Kemiren, dan Mall Pelayanan Publik. Dilanjutkan dengan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah selama dua hari dan presentasi di hari berikutnya. Di akhir acara dilaksanakan penutupan di Gedung Seni Budaya Banyuwangi dengan sangat meriah. Usai upacara penutupan kami berangkat menuju Kawah Ijen dan melakukan pendakian sesampainya disana.

Menyenangkan dapat belajar bersama teman-teman dari daerah lain Banyak hal yang dapat kami ambil dari kegiatan tersebut.. Kami mendapat banyak pengalaman, ilmu, dan tentunya teman dari berbagai daerah di Indonesia. Tak lupa juga dengan pemandangan indah di Kawah Ijen yang kami dapatkan setelah mendaki Gunung Ijen selama kurang lebih dua jam.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *