RAIMUNA NASIONAL 2017

RAIMUNA NASIONAL 2017

Hai sobat Diossa, apa kabar nihh???… ada yang udah tau apa itu Raimunas?? (yang tau angkat tangan yaa hihi) Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang Raimunas nih sobat. Sebelumnya, apa sih raimunas itu? Jadi Raimunas adalah acara terbesar pramuka penegak dan pandega se-Indonesia.

Wihh…. nggak kebayang kan bagaimana serunya kegiatan Raimunas itu?

Beberapa waktu lalu, kami berkesempatan untuk mewawancari Kak Caesar Panji Mahardika (XII IIS2) yang mengikuti kegiatan Raimunas Nasional 2017 yang diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat. Dalam kegiatan Raimunas tersebut Smada mewakilkan 2 orang yaitu Kak Caesar Panji dan Kak Dita Dwi Yuliana ( XII MIA 3).

Pada penasaran semua kan gimana serunya Raimunas yang diikutin Kak Panji dan Kak Dita? Yukk langsung aja…

Raimunas ini merupakan perwakilan dari kwartir cabang (tingkat kota) setelah kwartir cabang dilanjutkan kwartir daerah (konda/kontingen daerah). Untuk konda sendiri, konda terbanyak dalam mengiktui Raimunas adalah Jawa Timur (900-1000 orang peserta).

Nah, bila ingin mengikuti Raimunas itu ada seleksinya loh teman-teman. Seleksinya adalah seleksi administrasi dari sekolah dan kwartir cabang, selanjutnya akan diadakan pelatihan-pelatihan dari kwartir cabang tersebut. Dalam mengikuti seleksi tersebut Kak Panji melakukan berbagai persiapan. Yang pertama adalah calon peserta tersebut adalah adalah pramuka yang sudah laksana, selanjutnya ada administari untuk biaya (ditanggung sekolah), selanjutnya diadakan berbagai seleksi. Di kwartir cabang ada seleksi Garuda, setelah itu seleksi untuk kegiatan lain-lainnya. Nah, untuk teman-teman yang pada penasaran Raimunas itu diadakan kapan, jadi Raimunas diadakan 5 tahun sekali dan pada tahun 2017 diselenggarakan Raimunas yang ke sebelas pada tanggal 13-21 Agustus 2017.

Dalam mengikuti Raimunas ini yang dibutuhkan adalah persiapan fisik karena kegiatannya padat sekali. Nah, kegiatan Raimunas ini sebenarnya bukan lomba tapi, ajang pertemuan pramuka penegak dan pandega se-Indonesia ditambah ada beberapa undangan kontingen dari luar negeri sebanyak 6 negara (Malaysia, Singapura, Taiwan, India, Bangladesh, dan Nepal) selanjutnya acaranya dibuat seperti ada suatu permasalahan dan kalian diminta memecahkan masalah tersebut. Dalam kegiatan Raimunas ini, Kak Panji memiliki beberapa kendala seperti cuaca ( di Jakarta panas, berbeda dengan Kediri) dan Kak Panji ini awalnya mengalami culture shock (perbedaan budaya dengan orang dari Papua, Aceh, dan provinsi lainnya terasa berbeda sekali dalam segi bahasa dan tutur kata).

Dalam mengikuti Raimunas ini, Kak Panji memiliki kesan dan pesan yang dapat membangkitkan motivasi kita teman-teman yaitu kesannya adalah seru, acara langka ( 5 tahun sekali), belajar keanekaragaman budaya di Indonesia, menambah banyak teman, dan mengetahui susah hidupnya orang lain di berbagai daerah. Nah, untuk pesannya jangan ragu untuk bersosialisasi pada semua orang karena belum tentu semua orang itu terlihat buruk, jangan lihat dari covernya melainkan dari dalamnya.

Oke sekian sobat artikel dari kami,

terima kasih, salam, dan sampai jumpa di artikel berikutnya….

 

 

Team Reporting DPS

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *